MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PARTISIPATIF DI PAUD X DESA X KECAMATAN X KABUPATEN X.

Referensi skripsi ini saya tunjukkan bagi anda mahasiswa Fakultas Pendidikan jurusan program studi luar sekolah. Judul skripsi ini adalah Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Partisipatif Di PAUD X Desa X Kecamatan X Kabupaten X.

Berikut adalah intisari dari skripsi ini.

Dewasa ini banyak digagas berbagai pendekatan dan model pembelajaran inovatif  bagi  pendidikan luar sekolah, salah satunya adalah Pembelajaran Partisipatif . Kegiatan pembelajaran ini dapat diartikan sebagai upaya pendidikan untuk mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Keikutsertaan yang dimaksud meliputi tiga tahap pembelajaran yaitu (1) perencanaan program atau program planning, (2) pelaksanaan program atau program implementation, dan (3) penilaian program atau program evaluation

Tujuan penelitian ini adalah; peningkatan kemandirian anak dengan penerapan metode pembelajaran partisipatif yang dilakukan pada anak di PAUD X, masalah dalam pelaksanaan metode pembelajaran partisipatif yang dilakukan terhadap kemandirian anak di PAUD, dan upaya-upaya pemecahan masalah dalam penerapan Metode pembelajaran partisipatif terhadap kemandirian anak di PAUD X Desa X Kecamatan X Kabupaten X. 

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif.  Adapun populasi pada penelitian ini yaitu PAUD X Desa X yang terdiri dari: kepala PAUD, tutor (3 orang), dan wali peserta didik (30 orang) yang jumlah keseluruhan dari populasi tersebut adalah 40 orang.

Hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) Metode pembelajaran partisipatif yang digunakan dan dilaksanakan oleh PAUD X ternyata memberikan kontribusi yang baik terhadap kemandirian anak, sehingga anak dituntut untuk selalu bisa dan mampu menghadapi segala tantangan-tanangan yang diberikan oleh para pendidik. (2) Masalah yang dapat ditemukan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya peran serta pihak swasta dalam membantu keberadaan dan kemajuan PAUD X, selain pihak swasta pihak pemerintah juga perlu meningkatkan perhatiannya terhadap para PAUD yang ada di wilayah Desa X khususnya ke PAUD X, sehingga eksistensi dan kontribusinya dalam memajukan perkembangan tunas bangsa dapat terlihat dengan baik. (3) Upaya pemecahan masalah yang telah dilakukan di PAUD X yaitu dengan cara musyawarah, konsultasi anak, pemberian informasi dan saran terhadap orang tua anak.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran partisipatif memberikan kontribusi pada kemandirian anak, kemudian masalah yang terjadi adalah kurangnya peran pihak swasta dan pemerintah dan untuk menyelesaikan permasalahan dilakukan upaya dengan cara musyawarah.

Deskripsi:
Full Content (Bab I - V)
Format Ms. Word
Total Halaman Isi 87 Halaman
Pengiriman via Email
Kode: SKP-009
Order? Klik DISINI

Rekomendasi Produk

Cafe Bisnis Online Web Hosting Murah Indonesia | Web Hosting Murah dan Handal

Produk Terbaru Kami

AYO GABUNG BERSAMA SAHABAT-SAHABAT ABDUL SIDIK