MENINGKATKAN PARTISIPASI ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN POLA ASUH ORANG TUA

Skripsi ini mengulas tentang bagaimana meningkatkan partisipasi anak usia dini (AUD) melalui pendekatan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Sangat cocok bagi mahasiswa program studi pendidikan luar sekolah.

Berikut intisari dari skripsi ini:

Orang tua sebagai orang yang terdekat dengan anak-anaknya, mempunyai amanat untuk memberikan bimbingan, pengarahan, dan pendidikan menuju kedewasaan dirinya. Namun demikian, kadang orang tua tidak memperhatikan pola asuh yang diberikan kepada anaknya, terutama pada anak usia dini.

Pentingnya penerapan pola asuh orang tua yang baik serta melakukan pendidikan bagi anak usia dini karena masa atau fase ini merupakan fase yang sangat penting bagi pertumbuhan, baik fisik maupun mental anak. Dengan demikian, anak usia dini perlu perlakuan khusus. Bila pola-pola yang diterapkan orang tua keliru, maka yang akan terjadi bukannya perilaku yang baik, bahkan akan mempertambah buruk perilaku anak.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk pola asuh, tingkat partisipasi anak usia dini dan menganalisis dampak pola asuh yang dilakukan oleh orang tua terhadap tingkat partisipasi anak di PAUD X. Adapun jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitan lapangan, karena yang diteliti adalah sesuatu yang ada di lapangan secara langsung. Penelitian lapangan dalam hal ini bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Sedangkan populasi penelitian ini adalah PAUD X yang terdiri dari: kepala PAUD, tutor, peserta didik dan wali peserta didik. Sedangkan jumlah sampel yang akan digunakan sejumlah 35 orang tua siswa PAUD X.

Hasil penelitian ini adalah; 1). Bentuk pola asuh yang dilakukan oleh orang tua di PAUD X, mayoritas menerapkan pola asuh yang bersifat demokratis, sehingga anak lebih terbuka, mandiri, kerjasama, dan dapat diarahkan dengan baik, 2). Tingkat partisipasi anak usia dini di PAUD X, sudah baik dari partisipasi anak, orang tua maupun tenaga pengajar, khususnya partisipasi anak yang paling baik adalah keaktifian didalam kelas dan 3). Dampak pola asuh yang dilakukan oleh orang tua terhadap tingkat partisipasi anak di PAUD X, terjadi pada perkembangan kognitif anak, perkembangan motorik, hubungan dengan teman sebaya dan terhadap perkembangan seni dan kreativitas anak.

Deskripsi:
Full Content (Bab I - V)
Format Ms. Word
Total Halaman Isi 89 Halaman
Pengiriman via Email
Kode: SKP-005
Order? Klik DISINI

Rekomendasi Produk

Cafe Bisnis Online Web Hosting Murah Indonesia | Web Hosting Murah dan Handal

Produk Terbaru Kami

AYO GABUNG BERSAMA SAHABAT-SAHABAT ABDUL SIDIK